kecilkan semua  

Teks -- Obaja 1:1-14 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Nubuat tentang Edom
1:1 Penglihatan Obaja. Beginilah firman Tuhan ALLAH tentang Edom -- suatu kabar telah kami dengar dari TUHAN, seorang utusan telah disuruh ke tengah bangsa-bangsa: "Bangunlah, marilah kita bangkit memeranginya!" -- 1:2 Sesungguhnya, Aku membuat engkau kecil di antara bangsa-bangsa, engkau dihinakan sangat. 1:3 Keangkuhan hatimu telah memperdayakan engkau, ya engkau yang tinggal di liang-liang batu, di tempat kediamanmu yang tinggi; engkau yang berkata dalam hatimu: "Siapakah yang sanggup menurunkan aku ke bumi?" 1:4 Sekalipun engkau terbang tinggi seperti burung rajawali, bahkan, sekalipun sarangmu ditempatkan di antara bintang-bintang, dari sanapun Aku akan menurunkan engkau, -- demikianlah firman TUHAN. 1:5 Jika malam-malam pencuri atau perampok datang kepadamu -- betapa engkau dibinasakannya -- bukankah mereka akan mencuri seberapa yang diperlukannya? Jika pemetik buah anggur datang kepadamu, bukankah mereka akan meninggalkan sisa-sisa pemetikannya? 1:6 Betapa kaum Esau digeledah, betapa harta bendanya yang tersembunyi dicari-cari! 1:7 Sampai ke tapal batas engkau diusir oleh semua teman sekutumu; engkau diperdayakan, dikalahkan oleh sahabat-sahabatmu. Siapa yang makan sehidangan dengan engkau memasang jerat terhadap engkau. -- Tidak ada pengertian padanya. 1:8 Bukankah pada waktu itu, demikianlah firman TUHAN, Aku akan melenyapkan orang-orang bijaksana dari Edom, dan pengertian dari pegunungan Esau? 1:9 Juga para pahlawanmu, hai Teman, akan tertegun, supaya semua orang di pegunungan Esau lenyap terbunuh. 1:10 Karena kekerasan terhadap saudaramu Yakub, maka cela akan meliputi engkau, dan engkau akan dilenyapkan untuk selama-lamanya. 1:11 Pada waktu engkau berdiri di kejauhan, sedang orang-orang luar mengangkut kekayaan Yerusalem dan orang-orang asing memasuki pintu gerbangnya dan membuang undi atasnya, engkaupun seperti salah seorang dari mereka itu. 1:12 Janganlah memandang rendah saudaramu, pada hari kemalangannya, dan janganlah bersukacita atas keturunan Yehuda pada hari kebinasaannya; dan janganlah membual pada hari kesusahannya. 1:13 Janganlah masuk ke pintu gerbang umat-Ku pada hari sialnya, bahkan janganlah memandang ringan malapetaka yang menimpanya pada hari sialnya; dan janganlah merenggut kekayaannya pada hari sialnya. 1:14 Janganlah berdiri di persimpangan untuk melenyapkan orang-orangnya yang luput, dan janganlah serahkan orang-orangnya yang terlepas pada hari kesusahan.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Edom resident(s) of the region of Edom
 · Esau a son of Isaac and Rebekah,son of Isaac & Rebekah; Jacob's elder twin brother,a people (and nation) descended from Esau, Jacob's brother
 · T'eman son of Eliphaz son of Esau,a chief of Edom,a town or region of Edom
 · Teman son of Eliphaz son of Esau,a chief of Edom,a town or region of Edom
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin


Topik/Tema Kamus: Obaja | Esau /Edom | Orang Yahudi | Tipu Daya | Dendam | Esau | Orang Edom | Sombong, Kesombongan | Burung Rajawali | Sifat Orang Fasik | Bintang | Nabi | Curi, Pencurian | Malam | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Ob 1:1 - OBAJA. Nas : Ob 1:1 Obaja adalah nabi untuk Yehuda yang bernubuat tentang hukuman Allah atas Edom (lih. Pendahuluan kitab Obaja).

Nas : Ob 1:1

Obaja adalah nabi untuk Yehuda yang bernubuat tentang hukuman Allah atas Edom

(lih. Pendahuluan kitab Obaja).

Full Life: Ob 1:1 - TENTANG EDOM. Nas : Ob 1:1 Orang Edom, tetangga selatan Yehuda, merupakan keturunan Esau (ayat Ob 1:6), saudara Yakub; jadi, mereka masih saudara Israel (ayat Ob...

Nas : Ob 1:1

Orang Edom, tetangga selatan Yehuda, merupakan keturunan Esau (ayat Ob 1:6), saudara Yakub; jadi, mereka masih saudara Israel (ayat Ob 1:10). Akan tetapi, mereka telah menjadi musuh bebuyutan umat Allah, sering kali membantu pasukan asing untuk menyerbu Israel. Karena permusuhan dan kebencian Edom yang lama terhadap Israel, murka Allah akan menimpa mereka.

Full Life: Ob 1:3 - KEANGKUHAN HATIMU. Nas : Ob 1:3 Teks : 1) Orang Edom hidup di daerah pegunungan berbatu. Secara congkak mereka beranggapan bahwa negeri mereka itu aman dan me...

Nas : Ob 1:3

Teks :
  1. 1) Orang Edom hidup di daerah pegunungan berbatu. Secara congkak mereka beranggapan bahwa negeri mereka itu aman dan menjadi sombong karena kemandirian dan kekuatan mereka; namun Allah akan meruntuhkan mereka.
  2. 2) Alkitab mengajarkan bahwa kesombongan dan kecongkakan menimbulkan penipuan diri sendiri, mendahului kejatuhan (ayat Ob 1:4; Ams 16:18) dan menyebabkan Allah menjadi musuh kita (ayat Ob 1:8; Yak 4:6; 1Pet 5:5).

Full Life: Ob 1:5-6 - JIKA ... PENCURI ... DATANG KEPADAMU. Nas : Ob 1:5-6 Telah menjadi kebiasaan orang Edom untuk menjarah, merampok dan membunuh orang lain; kini mereka akan mengalami hal yang sama karena...

Nas : Ob 1:5-6

Telah menjadi kebiasaan orang Edom untuk menjarah, merampok dan membunuh orang lain; kini mereka akan mengalami hal yang sama karena Allah mengirim bangsa lain untuk melawan mereka.

Full Life: Ob 1:10 - DILENYAPKAN UNTUK SELAMA-LAMANYA. Nas : Ob 1:10 Obaja menubuatkan bahwa orang Edom akan dibinasakan sama sekali karena kekerasan dan kekejaman mereka (bd. ayat Ob 1:16,18), sedangka...

Nas : Ob 1:10

Obaja menubuatkan bahwa orang Edom akan dibinasakan sama sekali karena kekerasan dan kekejaman mereka (bd. ayat Ob 1:16,18), sedangkan Yehuda akan dipulihkan dan kerajaan Allah akan menang (ayat Ob 1:17,19,21). Pada tahun 582 SM, empat tahun setelah Yerusalem dihancurkan, orang Edom nyaris punah oleh serbuan pasukan Babel dan dipaksa hidup di bagian selatan Yehuda. Pada tahun 70 M setelah Yerusalem dibinasakan Roma, mereka tidak disebut-sebut lagi.

Full Life: Ob 1:11-14 - BERDIRI DI KEJAUHAN. Nas : Ob 1:11-14 Teks : 1) Edom menolak untuk menolong Israel, tetangga dan kerabatnya, ketika mereka dalam kesulitan; karena itu Allah aka...

Nas : Ob 1:11-14

Teks :
  1. 1) Edom menolak untuk menolong Israel, tetangga dan kerabatnya, ketika mereka dalam kesulitan; karena itu Allah akan menghukum mereka.
  2. 2) Allah berharap agar umat-Nya yang telah menerima pertolongan dan kemurahan-Nya menunjukkan kemurahan kepada orang lain pada saat mereka memerlukan bantuan. Ketidakacuhan dan sifat mementingkan diri menunjukkan bahwa kasih dan kasih karunia Allah tidak tinggal di dalam kita (1Yoh 3:15-17;

    lihat art. PEMELIHARAAN ORANG MISKIN DAN MELARAT).

BIS: Ob 1:10 - saudara-saudaramu saudara-saudaramu: Orang-orang Israel adalah keturunan Yakub adik Esau. Esau adalah leluhur bangsa Edom.

saudara-saudaramu: Orang-orang Israel adalah keturunan Yakub adik Esau. Esau adalah leluhur bangsa Edom.

Jerusalem: Ob 1:1 - Beginilah firman Tuhan ALLAH Ungkapan ini barangkali perlu dipindahkan ke awal Oba 1:2. Sebab dengan Oba 1:2 barulah Tuhan sendiri angkat berbicara

Ungkapan ini barangkali perlu dipindahkan ke awal Oba 1:2. Sebab dengan Oba 1:2 barulah Tuhan sendiri angkat berbicara

Jerusalem: Ob 1:1 - Edom Bdk Ula 2:1+

Bdk Ula 2:1+

Jerusalem: Ob 1:1 - suatu kabar Harafiah: apa yang didengar

Harafiah: apa yang didengar

Jerusalem: Ob 1:1 - kami dengar Dalam terjemahan Yunani terbaca: aku dengar (bdk Yer 49:14 yang sejalan)

Dalam terjemahan Yunani terbaca: aku dengar (bdk Yer 49:14 yang sejalan)

Jerusalem: Ob 1:1 - seorang utusan... Nabi membayangkan sejumlah bangsa bersekutu melawan bangsa Edom. Bdk Yer 4:5; 50:2.

Nabi membayangkan sejumlah bangsa bersekutu melawan bangsa Edom. Bdk Yer 4:5; 50:2.

Jerusalem: Ob 1:2-4 - -- Oleh karena bangsa Edom menghinakan umat Israel, Oba 1:12, maka pada gilirannya Edom dihina, Oba 1:2,10: keruntuhan Edom merupakan hukuman atas keangk...

Oleh karena bangsa Edom menghinakan umat Israel, Oba 1:12, maka pada gilirannya Edom dihina, Oba 1:2,10: keruntuhan Edom merupakan hukuman atas keangkuhan hatinya. Mengenai pandangan semacam itu bdk Ams 16:18; 29:23 juga berhubungan bangsa-bangsa, bdk Yer 14; Yer 50:1-51:64; Yeh 26:1-28:26; 29:1-32:1-32; Zak 10:11.

Jerusalem: Ob 1:3 - batu Boleh jadi "batu" (Ibraninya: Sela) itu menyindir ibu kota Edom, yaitu Has-Sela, 2Ra 14:7 (artinya: Batu/Wadas). Dalam bahasa Yunani sindiran itu dipe...

Boleh jadi "batu" (Ibraninya: Sela) itu menyindir ibu kota Edom, yaitu Has-Sela, 2Ra 14:7 (artinya: Batu/Wadas). Dalam bahasa Yunani sindiran itu dipertahankan, sebab Has-Sela dalam bahasa itu disebut Petra (artinya: Batu/Wadas).

Jerusalem: Ob 1:4 - ditempatkan Naskah Ibrani kurang jelas. Dalam terjemahan Yunani terbaca: kautempatkan.

Naskah Ibrani kurang jelas. Dalam terjemahan Yunani terbaca: kautempatkan.

Jerusalem: Ob 1:5-7 - -- Ketiga ayat ini mengatakan yang berikut ini: Negeri Edom dirusakkan dengan cara yang lebih hebat dari pada jika dirampok oleh pencuri-pencuri biasa ya...

Ketiga ayat ini mengatakan yang berikut ini: Negeri Edom dirusakkan dengan cara yang lebih hebat dari pada jika dirampok oleh pencuri-pencuri biasa yang selalu meninggalkan barang sedikit tersisa pada pokok anggur, bdk Ula 24:21.

Jerusalem: Ob 1:5 - betapa engkau dibinasakannya bagian ini agaknya perlu dipindahkan ke akhir Oba 1:5 atau awal Oba 1:6. "Malam-malam" serta "atau perampok" kiranya sebuah sisipan yang berasal dari ...

bagian ini agaknya perlu dipindahkan ke akhir Oba 1:5 atau awal Oba 1:6. "Malam-malam" serta "atau perampok" kiranya sebuah sisipan yang berasal dari Yer 49:39.

Jerusalem: Ob 1:7 - Siapa yang makan Kata-kata ini tidak ada dalam naskah Ibrani, tetapi ditambah menurut Maz 41:10

Kata-kata ini tidak ada dalam naskah Ibrani, tetapi ditambah menurut Maz 41:10

Jerusalem: Ob 1:7 - jerat Terjemahan ini tidak pasti. Kata Ibrani yang dipakai (mazor) tidak diketahui artinya

Terjemahan ini tidak pasti. Kata Ibrani yang dipakai (mazor) tidak diketahui artinya

Jerusalem: Ob 1:7 - Tidak ada pengertian padanya Kata-kata ini kiranya diucapkan sahabat-sahabat Edom yang cedera.

Kata-kata ini kiranya diucapkan sahabat-sahabat Edom yang cedera.

Jerusalem: Ob 1:8 - waktu itu Harafiah: hari itu. Artinya: saat penghakiman Edom yang bertepatan dengan "Hari Tuhan", Oba 1:15; bdk Ams 5:18+. Pada hari itu Tuhan menghukum Edom be...

Harafiah: hari itu. Artinya: saat penghakiman Edom yang bertepatan dengan "Hari Tuhan", Oba 1:15; bdk Ams 5:18+. Pada hari itu Tuhan menghukum Edom bersama-sama bangsa-bangsa lain, Oba 1:16-17, tetapi memulihkan kembali umat Israel, Oba 1:17-21

Jerusalem: Ob 1:9 - Teman Ini aselinya menunjuk bagian utara negeri Edom, tetapi di sini dan di lain-lain tempat nama itu dipakai sebagai nama seluruh negeri Edom.

Ini aselinya menunjuk bagian utara negeri Edom, tetapi di sini dan di lain-lain tempat nama itu dipakai sebagai nama seluruh negeri Edom.

Jerusalem: Ob 1:10 - kekerasan terhadap saudaramu Tradisi alkitabiah sering kali mengecam bangsa Edom karena kelakuan kotornya terhadap Israel ketika kota Yerusalem dihancurkan, Yeh 25:12-14; 35:1-15;...

Tradisi alkitabiah sering kali mengecam bangsa Edom karena kelakuan kotornya terhadap Israel ketika kota Yerusalem dihancurkan, Yeh 25:12-14; 35:1-15; Rat 4:21-22; Maz 137:7; Yoe 3:19. Nabi Yehezkiel, Yeh 35:5-12 dan Yeh 36:2,5, rupanya memberitahukan bahwa pada waktu itu bangsa Edom menduduki negeri Yehuda atau setidak-tidaknya sebagiannya. Orang Amonpun dikecam karena kelakuannya pada waktu itu. Yeh 25:1-7, bdk Yeh 21:28-32; orang Filistinpun dikecam, Yeh 25:15-17 Mengenai bangsa Israel dan Edom yang bersaudara dan kerap bermusuhan bdk Kej 25:22-28; 27:27-29; 32:4-33:16; Ula 23:7; Bil 20:22+

Jerusalem: Ob 1:10 - Yakub Di sini nama itu dipakai untuk menyebut bangsa Yehuda, yang dibedakan dengan "keturunan Yusuf", Oba 1:18+.

Di sini nama itu dipakai untuk menyebut bangsa Yehuda, yang dibedakan dengan "keturunan Yusuf", Oba 1:18+.

Jerusalem: Ob 1:11 - Pada waktu Harafiah: Pada hari, Yaitu "hari (kemusnahan) Yerusalem", bdk Maz 137:7. Pada hari itu orang Kasdim (Babel) memasuki kota Yerusalem, 2Ra 25:3-4, atau ...

Harafiah: Pada hari, Yaitu "hari (kemusnahan) Yerusalem", bdk Maz 137:7. Pada hari itu orang Kasdim (Babel) memasuki kota Yerusalem, 2Ra 25:3-4, atau kota dibakar, 2Ra 25:8-9, dan th 586 seb Mas.

Jerusalem: Ob 1:12 - memandang rendah saudaramu Terjemahan lain: bersenang-senang memandang saudaramu

Terjemahan lain: bersenang-senang memandang saudaramu

Jerusalem: Ob 1:12 - saudaramu Dalam naskah Ibrani tertulis (salah): pada hari saudaramu.

Dalam naskah Ibrani tertulis (salah): pada hari saudaramu.

Ende: Ob 1:1 - Penglihatan ialah bukan apa jang "dilihat" nabi, melainkan djenis kesusasteraan dalam kitab ini.

ialah bukan apa jang "dilihat" nabi, melainkan djenis kesusasteraan dalam kitab ini.

Ende: Ob 1:1 - Demikianlah....dst Kalimat ini agak aneh dan sukar untuk digabung dengan jang berikut.

Kalimat ini agak aneh dan sukar untuk digabung dengan jang berikut.

Ende: Ob 1:1 - Aku ialah nabi, bukan Jahwe.

ialah nabi, bukan Jahwe.

Ende: Ob 1:1 - bentara ialah "malaekat", jang atas nama Jahwe mengerahkan bangsa2 untuk memerangi Edom dan dengan demikian mendjauhkan hukuman jang diputuskan Jahwe.

ialah "malaekat", jang atas nama Jahwe mengerahkan bangsa2 untuk memerangi Edom dan dengan demikian mendjauhkan hukuman jang diputuskan Jahwe.

Ende: Ob 1:2-4 - -- Adjaran jang mendjadi asa keputusan Jahwe ialah: barang siapa meninggikan dirinja, ia akan direndahkan (Ams 16:18; Luk 14:11; 18:14).

Adjaran jang mendjadi asa keputusan Jahwe ialah: barang siapa meninggikan dirinja, ia akan direndahkan (Ams 16:18; Luk 14:11; 18:14).

Ende: Ob 1:3 - -- Negeri Edom tersendiri atas pegunungan tinggi dari wadas. Edom merasa dirinja aman dan terlindung disana.

Negeri Edom tersendiri atas pegunungan tinggi dari wadas. Edom merasa dirinja aman dan terlindung disana.

Ende: Ob 1:5 - -- Bila perampok biasa sadja menjerang Edom, maka masih ada sedikit harapan dan kebinasaannja tidak mutlak. Tetapi sesungguhnja Jahwe sendiri akan menjer...

Bila perampok biasa sadja menjerang Edom, maka masih ada sedikit harapan dan kebinasaannja tidak mutlak. Tetapi sesungguhnja Jahwe sendiri akan menjerang, sehingga pembasmiannja djauh lebih hebat.

Ende: Ob 1:6 - -- 'Esau ialah Edom, keturunan 'Esau.

'Esau ialah Edom, keturunan 'Esau.

Ende: Ob 1:8 - -- Edom tersohor karena kebidjaksanaannja. Orang bidjak ialah pemimpin2 Edom.

Edom tersohor karena kebidjaksanaannja. Orang bidjak ialah pemimpin2 Edom.

Ende: Ob 1:10-15 - -- Edom ikut serta dalam perampasan Jerusjalem th.586 oleh Babel dan tidak menolong saudaranja.(Oba 1:11).

Edom ikut serta dalam perampasan Jerusjalem th.586 oleh Babel dan tidak menolong saudaranja.(Oba 1:11).

Ende: Ob 1:12-14 - -- Ajat2 ini diutjapkan se-akan2 pada hari perampasan itu djuga. Djadi sebenarnja mengenai sesuatu jang sudah terdjadi dahulu.

Ajat2 ini diutjapkan se-akan2 pada hari perampasan itu djuga. Djadi sebenarnja mengenai sesuatu jang sudah terdjadi dahulu.

Endetn: Ob 1:1 - Aku diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Yer 48:14. Tertulis: "kita".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Yer 48:14. Tertulis: "kita".

Endetn: Ob 1:3 - membuat tinggi diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "ketinggian".

diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "ketinggian".

Endetn: Ob 1:4 - engkau diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "ia".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "ia".

Endetn: Ob 1:5 - -- Ditinggalkan: "betapa engkau dilengangkan" (Lih. Yer 49:9.

Ditinggalkan: "betapa engkau dilengangkan" (Lih. Yer 49:9.

Endetn: Ob 1:7 - mereka jang makan diperbaiki. Tertulis: "rotimu".

diperbaiki. Tertulis: "rotimu".

Endetn: Ob 1:13 - tjelakanja diperbaiki. Tertulis: "tjelaka mereka".

diperbaiki. Tertulis: "tjelaka mereka".

Ref. Silang FULL: Ob 1:1 - Penglihatan // tentang Edom // seorang utusan // bangkit memeranginya · Penglihatan: Yes 1:1; Yes 1:1 · tentang Edom: Kej 25:14; Kej 25:14; Yes 11:14; Yes 11:14; Yes 34:11; Yes 34:11; Yes 63:1-6; Yer 49:...

· Penglihatan: Yes 1:1; [Lihat FULL. Yes 1:1]

· tentang Edom: Kej 25:14; [Lihat FULL. Kej 25:14]; Yes 11:14; [Lihat FULL. Yes 11:14]; Yes 34:11; [Lihat FULL. Yes 34:11]; Yes 63:1-6; Yer 49:7-22; Yeh 25:12-14; [Lihat FULL. Yeh 25:12] s/d 14; Yeh 32:29; [Lihat FULL. Yeh 32:29]; Am 1:11-12; [Lihat FULL. Am 1:11]; [Lihat FULL. Am 1:12]

· seorang utusan: Yes 18:2

· bangkit memeranginya: Yer 6:4-5

Ref. Silang FULL: Ob 1:2 - engkau kecil · engkau kecil: Bil 24:18

· engkau kecil: Bil 24:18

Ref. Silang FULL: Ob 1:3 - Keangkuhan // liang-liang batu // ke bumi · Keangkuhan: Yes 16:6; Yes 16:6 · liang-liang batu: Yes 16:1 · ke bumi: 2Taw 25:11-12; 2Taw 25:11; 2Taw 25:12

· Keangkuhan: Yes 16:6; [Lihat FULL. Yes 16:6]

· liang-liang batu: Yes 16:1

· ke bumi: 2Taw 25:11-12; [Lihat FULL. 2Taw 25:11]; [Lihat FULL. 2Taw 25:12]

Ref. Silang FULL: Ob 1:4 - sekalipun sarangmu // akan menurunkan // firman Tuhan · sekalipun sarangmu: Yes 10:14; Yes 10:14 · akan menurunkan: Yes 14:13; Yes 14:13 · firman Tuhan: Ayub 20:6; Ayub 20:6

· sekalipun sarangmu: Yes 10:14; [Lihat FULL. Yes 10:14]

· akan menurunkan: Yes 14:13; [Lihat FULL. Yes 14:13]

· firman Tuhan: Ayub 20:6; [Lihat FULL. Ayub 20:6]

Ref. Silang FULL: Ob 1:5 - sisa-sisa pemetikannya · sisa-sisa pemetikannya: Ul 4:27; Ul 4:27; Ul 24:21; Yes 24:13; Yes 24:13

· sisa-sisa pemetikannya: Ul 4:27; [Lihat FULL. Ul 4:27]; Ul 24:21; Yes 24:13; [Lihat FULL. Yes 24:13]

Ref. Silang FULL: Ob 1:7 - teman sekutumu // makan sehidangan · teman sekutumu: Yer 30:14 · makan sehidangan: Mazm 41:10; Mazm 41:10

· teman sekutumu: Yer 30:14

· makan sehidangan: Mazm 41:10; [Lihat FULL. Mazm 41:10]

Ref. Silang FULL: Ob 1:8 - akan melenyapkan · akan melenyapkan: Ayub 5:12; Yes 29:14

· akan melenyapkan: Ayub 5:12; Yes 29:14

Ref. Silang FULL: Ob 1:9 - hai Teman · hai Teman: Kej 36:11,34; Kej 36:11; Kej 36:34

· hai Teman: Kej 36:11,34; [Lihat FULL. Kej 36:11]; [Lihat FULL. Kej 36:34]

Ref. Silang FULL: Ob 1:10 - Karena kekerasan // saudaramu Yakub // untuk selama-lamanya · Karena kekerasan: Yoel 3:19; Yoel 3:19 · saudaramu Yakub: Mazm 137:7; Am 1:11-12 · untuk selama-lamanya: Mazm 137:7; Mazm 137:7...

· Karena kekerasan: Yoel 3:19; [Lihat FULL. Yoel 3:19]

· saudaramu Yakub: Mazm 137:7; Am 1:11-12

· untuk selama-lamanya: Mazm 137:7; [Lihat FULL. Mazm 137:7]; Yeh 25:12-14; [Lihat FULL. Yeh 25:12] s/d 14; Yeh 35:9

Ref. Silang FULL: Ob 1:11 - membuang undi // dari mereka · membuang undi: Ayub 6:27; Ayub 6:27; Yeh 24:6; Yeh 24:6 · dari mereka: Am 1:6; Am 1:6

· membuang undi: Ayub 6:27; [Lihat FULL. Ayub 6:27]; Yeh 24:6; [Lihat FULL. Yeh 24:6]

· dari mereka: Am 1:6; [Lihat FULL. Am 1:6]

Ref. Silang FULL: Ob 1:12 - memandang rendah // hari kemalangannya // janganlah bersukacita // hari kebinasaannya // janganlah membual // hari kesusahannya · memandang rendah: Ams 24:17 · hari kemalangannya: Ayub 31:29; Ayub 31:29 · janganlah bersukacita: Yeh 35:15; Yeh 35:15 ·...

· memandang rendah: Ams 24:17

· hari kemalangannya: Ayub 31:29; [Lihat FULL. Ayub 31:29]

· janganlah bersukacita: Yeh 35:15; [Lihat FULL. Yeh 35:15]

· hari kebinasaannya: Ams 17:5; [Lihat FULL. Ams 17:5]

· janganlah membual: Mazm 137:7

· hari kesusahannya: Yeh 25:6; [Lihat FULL. Yeh 25:6]; Mi 4:11; 7:8

Ref. Silang FULL: Ob 1:13 - ringan malapetaka · ringan malapetaka: Yeh 35:5; Yeh 35:5

· ringan malapetaka: Yeh 35:5; [Lihat FULL. Yeh 35:5]

Ref. Silang FULL: Ob 1:14 - yang luput · yang luput: 1Raj 18:4; 1Raj 18:4

· yang luput: 1Raj 18:4; [Lihat FULL. 1Raj 18:4]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Ob 1:1-9 - Firman yang menghukum (Senin, 17 Desember 2001) Firman yang menghukum Firman Tuhan datang dalam beragam bentuk: ada yang berupa penghiburan, nasihat, ada pula yang berupa hukuman. Obaja, yang ber...

SH: Ob 1:1-16 - Hukuman yang setimpal (Sabtu, 15 November 2008) Hukuman yang setimpal Bagaimana Anda mendefinisikan "adil"? Apakah hukuman Allah kepada Edom adil? Apakah Allah tidak bertindak pilih kasih keti...

SH: Ob 1:1-7 - Adil (Jumat, 8 September 2017) Adil Sering kali kita mendengar orang berkata begini, "tetangga adalah saudara terdekat". Ya, dalam banyak hal, tetangga kitalah yang menjadi "saudar...

SH: Ob 1:1-16 - Ditundukkan-Nya Keangkuhan (Selasa, 2 November 2021) Ditundukkan-Nya Keangkuhan Edom, keturunan Esau, dikenal sebagai bangsa yang bijaksana, kuat, dan kejam. Mereka tinggal di wilayah yang subur. Kota m...

SH: Ob 1:8-16 - Pada Hari Malang, Berempatilah! (Sabtu, 9 September 2017) Pada Hari Malang, Berempatilah! Ketika seseorang mengalami kemalangan, saat itu juga akan terlihat siapa yang masih setia mengakuinya sebagai sahabat...

SH: Ob 1:10-16 - Menari di atas penderitaan orang lain (Selasa, 18 Desember 2001) Menari di atas penderitaan orang lain Selain keangkuhan, dosa kedua Edom adalah menari di atas penderitaan orang lain. Ketika Israel, saudara kandun...

Topik Teologia: Ob 1:12 - -- Dosa Deskripsi tentang Dosa-dosa dan Pendosa Karakter Para Pendosa Para Pendosa Bersukacita Atas Penderitaan Umat Tuhan Maz 35:15 ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Obaja (Pendahuluan Kitab) Penulis : Obaja Tema : Hukuman atas Edom Tanggal Penulisan: + 840 SM Latar Belakang Penulis kitab yang pendek ini ialah seoran...

Full Life: Obaja (Garis Besar) Garis Besar I. Hukuman atas Edom (Ob 1:1-14) A. Kebinasaan Akan Menimpa Edom (Ob 1:1-4) B. P...

Jerusalem: Obaja (Pendahuluan Kitab) OBAJA Kitab Obaja adalah kitab terpendek di antara kitab-kitab para nabi, sebab terjadi dari 21 ayat saja. Namun demikian kitab ini menimbulkan cukup ...

Ende: Obaja (Pendahuluan Kitab) KITAB KEDUABELAS NABI PENDAHULUAN Dalam sastera kenabian dari kanon Hibrani dan Junani terdapat sedjumlah naskah ketjilan, jang besarnja toh agak berl...

Ende: Obaja (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

BIS: Obaja (Pendahuluan Kitab) OBAJA PENGANTAR Buku yang pendek ini ditulis entah kapan sesudah kota Yerusalem jatuh pada tahun 586 Sebelum Masehi. Edom musuh bebuyutan bang

OBAJA

PENGANTAR

Buku yang pendek ini ditulis entah kapan sesudah kota Yerusalem jatuh pada tahun

  1. 586 Sebelum Masehi. Edom musuh bebuyutan bangsa Yehuda, senang sekali; mereka

bahkan merampok Yerusalem dan membantu musuh. Nabi Obaja meramalkan bahwa bangsa Edom akan dihukum dan ditaklukkan seperti bangsa-bangsa lain yang memusuhi Israel.

Isi

  1.  Edom dihukum
    Ob 1:1-14
  2.  Hari TUHAN
    Ob 1:15-21

Ajaran: Obaja (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Obaja, anggota jemaat melihat bangsa Edom sebagai contoh bangsa yang tidak mengenal Allah, dan yang menerima

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Obaja, anggota jemaat melihat bangsa Edom sebagai contoh bangsa yang tidak mengenal Allah, dan yang menerima penghukuman Allah.

Pendahuluan

Penulis : Penulis Kitab Obaja adalah Nabi Obaja.

Isi Kitab: Kitab Obaja terdiri dari satu pasal. Isi Kitab Obaja membicarakan tentang penghukuman terhadap bangsa Edom.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Obaja

  1. Ayat 1-4 (Ob 1:1-4). Pemberitaan tentang kesombongan bangsa Edom\ Apakah yang menjadi kesombongan bangsa Edom?
  2. Ayat 5-16 (Ob 1:5-16). Pemberitaan tentang perbuatan dan sikap bangsa Edom\ terhadap bangsa Israel. Dan penghakiman atau hukuman\ terhadap bangsa Edom\ Apakah sikap bangsa Edom? Dan apakah akibatnya?
  3. Ayat 17-21 (Ob 1:17-21). Pemberitaan bahwa kelepasan hanya ada dari bangsa Israel

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Obaja mengajarkan bahwa kesombongan merupakan dosa yang dibenci Allah.

  2. Kitab Obaja mengajarkan bahwa berbahagia karena orang lain mendapat kesulitan sangat dicela oleh Allah.

  3. Kitab Obaja mengajarkan bahwa bertindak dengan kejam terhadap orang lain, tidak berkenan di hadirat Allah.

  4. Kitab Obaja mengajarkan Edom sebagai perlambangan dari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Obaja?
  2. Apakah isi Kitab Obaja?
  3. Mengapakah Edom mendapat penghukuman dari Allah?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima setelah mempelajari Kita Obaja?

Intisari: Obaja (Pendahuluan Kitab) Si Penuntut balas sudah datang PENULISo OBAJA. Namanya berarti "hamba Tuhan", tetapi jati dirinya yang sebenarnya tidak jelas. Beberapa orang dalam P

Si Penuntut balas sudah datang

PENULIS
o OBAJA. Namanya berarti "hamba Tuhan", tetapi jati dirinya yang sebenarnya tidak jelas. Beberapa orang dalam Perjanjian Baru memakai nama ini.
o NAHUM. Namanya berarti "penghibur". Tidak ada yang diketahui tentang dia, kecuali bahwa ia adalah penduduk asli Elkosy, mungkin sebuah kota yang letaknya duapuluh mil di sebelah barat daya Yerusalem. Sebenarnya, kedua "nama" tersebut lebih menunjukkan fungsi kedua nabi tersebut daripada tentang jati diri mereka.

WAKTU PENULISAN
o OBAJA. Penentuan waktu penulisan banyak bergantung pada waktu penaklukkan Yerusalem yang dimaksud dalam ayat Oba 1:10-14. Penaklukkan ini mungkin yang dilakukan oleh bangsa Babel dalam tahun 587 SM (jika demikian halnya, maka Obaja ditulis pada pertengahan abad keenam), atau penaklukkan oleh bangsa Arab dan Filistin di abad kesembilan. Kebanyakan ahli berpegang pada abad keenam.
o NAHUM. Waktu penulisan ialah antara tahun 663 SM, ketika Tebe ditaklukkan oleh bangsa Asyur (lihat Nah 3:8-10) dan kekalahan Niniwe, ibukota Asyur, oleh tentara gabungan antara Medes dan orang Babilonia di tahun 612 SM seperti digambarkan dengan jelas dalam Nah 2:6-8.

LATAR BELAKANG Kesamaan yang terdapat dalam kedua kitab itu ialah suasana kebencian dari musuh-musuh umat Allah. Obaja menyerang Edom dan Nahum, Asyur. Kedua bangsa yang sedang berada di puncak kekuasaan itu bersikap congkak dan menindas. Bangsa Edom adalah "sepupu dekat" bangsa Israel -- Esau, nenek moyang bangsa Edom adalah saudara Yakub -- dan permusuhan antara kedua bersaudara itu tercermin dalam peperangan yang sering terjadi antara Israel dan Edom. Asyur yang berada di puncak kejayaannya merupakan sumber ketakutan bagi seluruh Asia barat, dan bertanggung jawab atas kekejaman yang luar biasa dalam peperangan, terutama terhadap Mesir.

CIRI-CIRI Kedua kitab nubuatan ini ditulis dalam bentuk puisi, dan berisi gambaran yang paling realistis mengenai pengepungan dan penyerangan terhadap sebuah kota dalam seluruh Perjanjian Lama. Kedua nabi mengungkapkan keinginan untuk membalas dendam, membayangkan dengan penuh sukacita setiap detail dari keruntuhan musuh-musuh bangsa Israel. Hal yang tidak biasa dari kedua kitab ini ialah tidak adanya tulisan mengenai hukuman terhadap bangsa Israel dan panggilan untuk bertobat yang merupakan hal yang umum dalam tulisan-tulisan Amos dan Mikha di abad kedelapan. Dalam Perjanjian Baru tidak terdapat acuan langsung terhadap kedua kitab ini.

Pesan

OBAJA

1. Tuhan adalah musuh Edom
o Ia akan mengalahkan Edom. Oba 2-4, 8
o Ia akan menggunakan bangsa-bangsa lain. Oba 1,7

2. Edom tidak dapat luput dari Tuhan
o Pertahanan alami tidak dapat menyelamatkan. Oba 3,4
o Sumber bualannya akan musnah. Oba 6,8,9

3. Edom layak dihukum
o Israel adalah saudaranya. Oba 12
o Edom bersukacita di atas kekalahan Israel. Oba 12,13
o Edom gagal menolong Israel. Oba 11
o Edom secara aktif membantu musuh-musuh Israel. Oba 14
o Edom akan mendapat perlakuan yang sama. Oba 15

4. Israel akan bangkit lagi
o Israel pernah mengalami kehancuran dan bencana. Oba 12,13
o Gunung Sion, tumpah darah Israel, akan menjadi kudus. Oba 17
o Israel akan memperluas wilayahnya. Oba 17-20

5. Tuhan akan ditinggikan
o Semua bangsa akan menghadapi penghakiman. Oba 15,16
o Tuhan akan memerintah sebagai raja seluruh alam semesta. Oba 21

NAHUM

1. Dua sisi sifat Allah
o Pelilndung umat yang pasti. Nah 1:7
o Penggempur musuh-musuhNya. Nah 1:2,6

2. Kejahatan dan hukuman atas Asyur
o Asyur telah berbohong, merampas dan menyesatkan. Nah 3:1,4
o Semua bangsa menderita di tangan Asyur. Nah 3:19
o Asyur mengadakan persekongkolan untuk melawan Tuhan. Nah 1:11
o Asyur harus memberi pertanggungjawaban kepada Tuhan. Nah 3:5
o Dewa-dewa Asyur tidak dapat menyelamatkan mereka. Nah 1:14
o Pemerintahan tangan besi Asyur sudah menurun. Nah 2:11-13
o Asyur akan dipermalukan dan dihina. Nah 2:10; 3:5-7
o Asyur akan mengalammi kekalahan total. Nah 1:14,15

3. Tragedi dan kemenangan Israel
o Israel dipersulit dan menderita. Nah 1:7, 12; 2:2
o Israel akan merayakan kemenangan dengan penuh sukacita. Nah 1:15

Penerapan

1. Kita hidup dalam dunia bermoral
Kita hidup dalam dunia yang dikendalikan oleh Tuhan yang pada akhirnya akan meluruskan yang salah.

2. Allah itu kudus dan penuh kasih
Kita sering membayangkan bahwa Dia bukanlah Allah yang mengampuni dan tidak perduli.

3. Allah mengendalikan sejarah
Hal ini seringkali terlihat dalam percaturan politik internasional. "Pada akhirnya, Allah..." akan menjadi komentar terakhir dari semua sejarah.

4. Kecongkakan selalu membawa kehancuran
Hal ini akan menjadi kenyataan khususnya apabila kecongkakan tidak memberikan tempat bagi Allah.

5. Kita semua harus bertanggungjawab kepada Allah
Kita semua hasur mempertanggungjawabkan segala cara yang kitaa pakai dalam memperlakukan sesama, dan kita tidak dapat luput dari hadapan Allah

6. Umat Allah tidak kebal terhadap penderitaan
Tetapi, Allah merupakan sumber keselamatan yang besar bagi mereka yang menjadi milik-Nya, dan Tuhan dapat dijadikan tempat bergantung bagi kebahagiaaan mereka.

7. Pertanyaan "berapa lama?" penderita
Pada suatu katika tangisan mereka akan berubah menjadi seruan kemenangan "Akhirnya!"

Tema-tema Kunci

1. Kemurahan dan kekerasan Allah
Paulus berbicara tentang "kemurahan dan kekerasan Allah" (Roma 11:22). Obaja dan Nahum lebih banyak berbicara tentang kekerasan, namun ada indikasi tentang kebaikan Allah, terutama dalam Nahum. Carilah contoh-contoh seperti itu, dan teruskan dengan mempelajari: Yesaya 55:7; Mikha 7:18; Mazmur 125:2; 139:1-8; Yesaya 54:5-10. Apa aspek-aspek yang berbeda tentang kebaikan Allah yang terdapat dalam ayat-ayat tersebut?

2. Tuhan adalah Allah yang cemburu
Menurut Anda, apa yang dimaksud dengan "cemburu" dalam Nahum 1:22? Ayat-ayat berikut ini dapat membantu anda untuk menjawab pertanyaan tersebut. Keluaran 34:14; Zakharia 8:2,3; 1Korintus 10:21,22; Titus 2:14; 1Petrus 2:9,10.

3. Pertanggungjawaban manusia terhadap Allah
Obaja dan Nahum menegaskan bahwa Edom dan Asyur harus menghadapi penghakiman Allah, oleh karena kejahatan-kejahatan mereka. Mazmur 33:13-15; Galatia 6:7; Ibrani 4:13 akan membantu menegaskan kebenaran bahwa tujuan akhir kita adalah Allah.

4. Pemeliharaan Allah atas semua orang
Obaja dan Nahum hanya memberikan sebagian dari ajaran alkitabiah tentang sikap Allah terhadap mereka yang tidak menjadi milik-Nya secara istimewa. Untuk bahan perbandingan, pelajari Yunus 4:11; Yesaya 19:25; 45:22; Yohanes 3:17; 1Timotius 2:3-6.

5. Kerajaan akan menjadi milik Tuhan
Obaja 21: Alkitab sering menunjuk kepada kekuasaan Allah atas manusia dalam pengertian "kedudukan sebagai raja" atau "kerajaan", dan menegaskan bahwa pemerintahan ini berpusat pada Kristus. Kebenaran apa saja tentang Kerajaan Allah yang dapat anda temukan dalam ayat-ayat berikut ini: Matius 12:28; Yohanes 18:36; Roma 14:17; Wahyu 12:10?

Garis Besar Intisari: Obaja (Pendahuluan Kitab) OBAJA [1] KEHANCURAN EDOM Oba 1-9 Oba 1Pernyataan tentang pembalasan Oba 2,3Edom, congkak tetapi dihina Oba 4Tidak bisa luput Oba 5,6Tidak ad

OBAJA

[1] KEHANCURAN EDOM Oba 1-9

Oba 1Pernyataan tentang pembalasan
Oba 2,3Edom, congkak tetapi dihina
Oba 4Tidak bisa luput
Oba 5,6Tidak ada yang tertinggal
Oba 8,9Pengkhianatan di antara teman
Oba 8,9Kegagalan "pendukung" Edom

[2] SEBAB-SEBAB KEHANCURAN EDOM Oba 10-14

Oba 10Tidak ada kasih terhadap saudara
Oba 11Ketidakacuhan
Oba 12Kecongkakan
Oba 13Perampokan
Oba 14Tindakan Kekerasan

[3] HARI TUHAN YANG DAHSYAT Oba 15,16

[4] PEMULIHAN ISRAEL Oba 17-21

Oba 17Orang-orang yang terluput
Oba 18Kekalahan akhir Edom
Oba 19,20Pemulihan pemilikan tanah
Oba 21Pemerintahan Allah yang universal
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #22: Untuk membuka tautan pada Boks Temuan di jendela baru, gunakan klik kanan. [SEMUA]
dibuat dalam 1.20 detik
dipersembahkan oleh YLSA